selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



Sekilas Tentang Manajemen Pendidikan

Posted by Lautan Hati Oela Monday 27 May 2013 0 comments
Berikut saya coba mendeskripsikan perihal manajemen pendidikan, setelah sebelumnya saya juga sudah posting Fungsi-fungsi Manajemen Pendidikan, Operasional Manajemen Pendidikan, dan Metamorfosa Manajemen Pendidikan
 
Apabila ditinjau dari segi bahasa, kata manajemen berasal dari bahasa inggris “to manage” yang berarti mengurus, mengatur, melaksanakan dan mengelola. Sedangkan jika ditinjau dari segi terminologi, manajemen sulit didefinisikan secara tepat. Pada kenyataannya, ada begitu banyak ahli yang memberikan pengertian pada manajemen dan acapkali definisi mereka berbeda-beda, bahkan tidak ada definisi dari manajemen yang telah diterima secara umum dan pasti. Namun demikian, secara global, manajemen dapat diartikan dengan seni, ilmu dan proses dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian dan pengendalian terhadap orang-orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
            Seperti halnya kata manajemen, yang banyak pakar mendefinisikannya secara beragam, manajemen pendidikan pun senyatanya memiliki bermacam makna, jika mengacu pada apa yang telah dikemukakan para pakar pendidikan. Menurut Prof. Dr. H. A. R. Tilaar, Msc. Ed, manajemen pendidikan adalah suatu kegiatan yang mengimplikasikan adanya perencanaan atau rencana pendidikan serta kegiatan implementasinya.
            Sedangkan Made Pidarta mendefinisikan manajemen pendidikan sebagai aktifitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.
            Manajemen pendidikan pada dasarnya menentukan, merencanakan, mengimplementasikan serta mengevaluasi program kegiatan pendidikan. Sehingga dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manajemen pendidikan adalah ilmu dan proses dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian dan pengendalian atau pengawasan terhadap sumber daya dan mekanisme kerja pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
            Seperti halnya manajemen pada umumnya, dalam manajemen pendidikan pun memiliki beberapa fungsi, yakni fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.
1.    Perencanaan
Perencanaan pendidikan adalah proses untuk menetapkan tujuan pendidikan, menyediakan fasilitas dan lingkungan tertentu, mengidentifikasikan prasyarat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan serta menetapkan cara yang efektif dan efisien dalam usaha membentuk manusia agar memilik kompetensi individual dan sosial secara maksimal.
2.    Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah proses membagi kerja ke dalam tugas-tugas yang lebih kecil, membebankan tugas-tugas itu kepada orang yang sesuai dengan kemampuannya dan mengalokasikan sumber daya serta mengkoordinasikannya, dalam rangka efektifitas pencapain tujuan organisasi. Dalam pendidikan, kegiatan pengorganisasian meliputi pembagian tugas masing-masing anggota dan/atau pelaku pendidikan, baik mulai kepala, wakil, pendidik dan tenaga kependidikan lainnnya. 
3.    Pengarahan
Pengarahan (directing) merupakan kegiatan mengarahkan yang ditujukan pada bawahan, sehingga mereka menjadi pegawai (staf) yang mempunyai pengetahuan memadai dan bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan organisasi. Dalam hal ini, dilakukan oleh kepala sekolah atau supervisor pendidikan.
4.   Pengawasan
Pengawasan diperlukan untuk melihat dan mengevaluasi sejauh mana hasil yang telah tercapai. Istilah pengawasan ini juga bisa diartikan atau disamakan dengan “pengendalian”, yang diperlukan untuk memastikan bahwa aktifitas atau kegiatan berjalan sesuai dengan yang direncanakan. 
Kegiatan pengawasan atau pengendalian ini dilakukan oleh kepala sekolah dan/atau supervisor pendidikan. Dalam sebuah lembaga pendidikan, kegiatan pengawasan ini dilakukan sejak awal penentuan tujuan, saat proses pelaksanaan pendidikan hingga akhir. Dalam arti, fungsi pengawasan atau pengendalian dalam manajemen pendidikan ini harus berjalan secara berkesinambungan, tidak hanya ada pada akhir proses pendidikan saja.
  *******
BACAAN LANJUTAN:
Pidarta , Made. 1988. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Melton Putra.
Tilaar , H.A.R. 1994. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 
Tim FKIP UMS. 2004. Manajemen Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sekilas Tentang Manajemen Pendidikan
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2013/05/d-sekilas-tentang-manajemen-pendidikan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Lautan Hati Oela.