selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



Eksistensi PMPP TNI dalam Pemeliharaan Perdamaian Dunia

Posted by Lautan Hati Oela Sunday 26 May 2013 0 comments

 

(Sebuah Refleksi: International Day United Nation Of Peacekeepers)

International Day United Nation Of Peacekeeper atau Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB yang diperingati setiap tanggal 29 Mei seharusnya mampu memberi dampak positif bagi kita, baik dalam kehidupan bernegara, antar negara dan/atau pada ranah kehidupan internasional.

Peringatan International Day United Nation Of Peacekeeper, atau yang biasa disebut Peacekeepers Day di negara kita senyatanya terkait dengan istilah Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI. Salah satu badan pelaksana pusat TNI ini sejatinya didirikan sebagai upaya membantu pemeliharaan perdamaian dunia. PMPP TNI merupakan arena terpadu bagi pelatihan pengelolaan perdamaian, penanggulangan terorisme, penanggulangan bencana dan pelatihan pasukan siaga. Organisasi ini bertugas menyelenggarakan pembekalan dan pelatihan bagi personel TNI, yang dipersiapkan untuk tugas operasi pemeliharaan perdamaian dunia.

Hingga kini, PMPP TNI telah menunjukkan prestasi yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dalam upaya pemeliharaan perdamaian, institusi ini telah berperan aktif dalam misi perdamaian PBB. Peacekeepers yang dimiliki Nusantara ini telah banyak pengalaman dalam mengemban tugasnya, mulai dari pengiriman kontingen Garuda I (KONGA I) sampai KONGA XXXIIA.

PMPP TNI dan Upaya Pemeliharaan Perdamaian

Sejatinya, PMPP TNI memiliki peran yang cukup vital dalam mengupayakan perwujudan dan pemeliharaan perdamaian dunia. PMPP TNI yang diharapkan menjadi satuan mekanis sebagai stand by force yang siap siaga untuk diberangkatkan kemanapun, sejatinya harus mampu menjalankan perannya sebagai fasilitator untuk meningkatkan kualitas personel. Fungsi fasilitasi yang diberikan PMPP TNI juga harus mencakup ranah persiapan mental para personel yang akan diberangkatkan dalam misi pemeliharaan perdamaian. Melalui PMPP itulah, personel/satuan tugas benar-benar dipersiapkan, tidak hanya secara fisik tapi juga psikis. Sehingga dalam berjuang untuk misi pemeliharaan perdamaian nantinya, para personel akan mampu memberikan yang terbaik.

Sungguh, keberhasilan penyiapan personel TNI dalam rangka mendukung misi perdamaian dunia ini, sangat ditentukan dari bagaimana PMPP TNI mengelola pelaksanaan penugasan personel/satuan tugas. Ketika PMPP TNI mampu merencanakan, menyiapkan, menggerakkan dan mengevaluasi pelaksanaan penugasan personel dengan baik, maka hasilnya akan maksimal. Personel/satuan tugas yang diberangkatkan itu akan mampu memberikan yang terbaik bagi pemeliharaan perdamaian dunia. Hal ini tentunya akan membawa nama harum Indonesia di kancah internasional.

Jika dalam proses pelaksanaan penugasan personel sudah tertata rapi secara manajerial, mulai dari perekrutan personel, pembinaan, pendidikan dan pelatihan, bahkan evaluasi/pengawasannya, maka peningkatan profesionalitas, dedikasi, dan keberanian personel dalam misi pemeliharaan perdamaian dunia akan menjadi niscaya.

PMPP yang didirikan dengan fungsinya sebagai pemelihara perdamaian ini senyatanya juga berperan sebagai mobilisator, sebagai motor penggerak bagi pasukan yang akan diberangkatkan dalam misi perdamaian. Tidak hanya personel yang harus digerakkan, tapi semua elemen bangsa, termasuk masyarakat senyatanya harus dimobilisasi juga. Ketika personel/satuan tugas, dan semua elemen negara telah termobilisasi dalam upaya pemeliharaan perdamaian, maka keinginan untuk selalu menjaga perdamaian itu tidak hanya sebatas euvoria belaka. Dalam perannya memobilisasi personel dan semua elemen bangsa, maka PMPP TNI ini seyogianya aktif bersosialisasi dengan setiap elemen bangsa. Jangan sampai yang terjadi adalah, mampu dikenal dan dibanggakan negara lain dan PBB, tetapi masyarakat Indonesia sendiri malah tidak memahami keberadaan PMPP TNI.

Responsif Masyarakat: Sebuah Refleksi

Rasanya akan menjadi suatu ironi, ketika keberhasilan PMPP TNI mengelola pelaksanaan penugasan personel mendapat sambutan baik dan pujian dari PBB, tetapi masyarakat Nusantara ini sendiri tidak mengenal PMPP TNI.

Kendati baru diresmikan pada 19 Desember 2011 oleh Presiden, PMPP TNI telah mampu membentuk kualitas personel dalam rangka perdamaian dunia. Yang menjadi penting selanjutnya adalah, bagaimana langkah PMPP TNI dalam upaya meningkatkan profesionalitas, kualitas, dan dedikasi para personel. Disamping juga menarik perhatian masyarakat, hingga warga Nusantara ini tak lagi asing dengan istilah PMPP TNI, dan Peacekeepers Day.

Ketika PMPP TNI dalam perannya memelihara perdamaian telah mampu mencuri hati masyarakat dan berhasil mendapat respon positif, maka masyarakat pun akan dapat termobilisasi untuk mendukung PMPP TNI, terkait dengan tugas dan perannya dalam pemeliharaan perdamaian dunia. Sehingga, International Day United Nation Of Peacekeeper dapat mendatangkan dampak positif bagi seluruh elemen Nusantara ini.

*******

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Eksistensi PMPP TNI dalam Pemeliharaan Perdamaian Dunia
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2013/05/eksistensi-pmpp-tni-dalam-pemeliharaan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Lautan Hati Oela.