selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



Meluangkan sedikit waktu …

Posted by Lautan Hati Oela Tuesday 28 May 2013 0 comments

Menjadi kebanggaan tersendiri rasanya, bisa membantu dan bermanfaat bagi sekitar. Hal ini  aku rasakan, ketika mampu meluangkan waktu untuk membantu sepupu kecilku dalam mempersiapkan evaluasi di sekolahnya. Sungguh, merasa puas rasanya bisa bermanfaat bagi makhluk mungil yang cerdas itu. Sebut saja namanya, Fyan….

Fyan BogangAlief Sofyan Efendi

Tak seperti biasa.. saat aku merasa dibutuhkan oleh makhluk mungil itu, aku sangat puas. Meskipun aku terbiasa membantu beberapa teman dalam berbagai permasalahan, Perasaan yang aku dapatkan tidak seperti ketika aku mampu membantu makhluk kecil ini, sepupu kecilku….

Yaah,, sepupuku itu masih sekolah TK kelas B. Dan, seminggu lalu ia harus menjalani evaluasi akhir di sekolahnya. Khusus untuk materi ‘mengetik sajak’, ibunya memasrahkan padaku untuk membelajarinya. Waah… awalnya aku ragu, bisa gak ya??? sajak untuk anak seumuran dia… (tanyaku dalam hati)

Bertolak belakang dengan dugaanku semula… Ternyata si Fyan ini benar-benar punya niat belajar denganku. Busyet dah…. Jadi lebih mudah aku mengkomunikasikan diri dengannya, khusus belajar tentang sajak. Seharian ia serius bertanya dan mempelajari perihal sajak. Hebat benar dah! Aku mengajarinya tentang struktur kata dan kalimat, persis seperti caraku membelajari anak SD kelas 4. Alhasil, Fyan yang masih TK B ini mampu mencerna setiap penjelasanku dengan ‘caranya’. Wooow…. Sebetulnya aku punya keraguan dalam hati, dan terus kutanyakan sendiri: betul atau salah kah caraku mem-belajarinya dengan pola pembelajaran tutorial untuk kelas 4 SD??

Tapi sudahlah, toh si Fyan mampu menangkap dan menerjemahkan setiap bagian dari penjelasanku. Bahkan, aku memberinya waktu untuk duduk menghadapi netbuk sendiri. Dan, kami berdua beradu membuat sajak. Meskipun hasil karyanya masih semburat dan amburadul, tapi setidaknya itu hasil jerih peras otaknya. Sungguh, sedikit tak tega melihat ekspresinya yang ‘peras otak’ agar segera mendapat ide, untuk dituangkan dalam goresan kata dan susunan kalimat indah, lewat ketikan keyboard netbuk.

Sebenarnya, hasil sajak buatan si Fyan ini masih sangat lugas. Hampir mirip gaya tuturnya dalam bercerita. Sebelumnya, aku sering memberi waktu Fyan untuk menulis cerita, ups… maksudku, menceritakan beberapa peristiwa yang telah ia alami. Biasanya, ia sangat suka kalau aku memberinya kesempatan untuk memegang netbukku, dan mengetikkan cerita-ceritanya. Jadi wajar saja kalau saat belajar membuat sajak, gaya tuturnya masih seperti ketika ia menuliskan cerita…. Tapi aku merasa puas dan bangga, Hahahaha… Senyum

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Meluangkan sedikit waktu …
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2013/05/meluangkan-sedikit-waktu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Lautan Hati Oela.