Tipologi Kepemimpinan Pendidikan dan Kinerja Guru (Sebuah Upaya Peningkatan Kinerja Guru melalui Gaya atau Tipologi Pemimpin)
Tuesday 29 January 2019
0
comments
Urgensi peran pemimpin dalam sebuah lembaga pendidikan memang tak
dapat diragukan lagi. Keberhasilan pemimpin dalam membawa lembaga pendidikan
menuju kemajuan dan perkembangan yang signifikan setidaknya dipengaruhi oleh
gaya atau tipologi kepemimpinan.
Salah satu tugas penting pemimpin lembaga pendidikan atau dalam hal
ini kepala sekolah adalah meningkatkan kinerja guru dan karyawan. Bagaimana
tidak, kinerja guru dan karyawan tentu saja berimbas pada kemajuan dan
keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan dan visi misi yang telah
ditetapkan. Semakin baik dan tinggi kinerja guru dan karyawan, maka akan
semakin baik pula kemajuan serta keberhasilan lembaga pendidikan tersebut.
Dengan demikian, upaya peningkatan kinerja guru demi tercapainya
kemajuan dan keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan atau visi
misinya merupakan salah satu tanggung jawab berat kepala sekolah.
Peningkatan kinerja guru salah satunya dipengaruhi oleh gaya atau
tipe kepemimpinan. Pemimpin dengan gaya atau
tipe kepemimpinan yang cocok dan disukai para bawahannya (guru dan
karyawan), tentu akan menambah semangat serta kinerja para guru. Hal ini sangat
logis. Karena para guru dan karyawan yang merasa senang dan nyaman dengan gaya
atau tipe kepemimpinan kepala sekolah, tentu secara otomatis akan memberikan
loyalitasnya, akan meningkatkan kinerjanya, serta memberikan yang terbaik untuk
lembaga pendidikan (sekolah atau madrasah).
Sebaliknya, guru dan karyawan yang kurang menyukai dan/atau tidak
nyaman dengan gaya atau tipe kepemimpinan kepala sekolah, akan merasa berat
hati menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, tidak terdorong untuk
meningkatkan kinerja serta loyalitasnya terhadap lembaga sekolah.
Merujuk pada gaya atau tipe kepemiminan yang berlaku pada umumnya,
maka sejatinya tidak ada gaya atau tipe kepemimpinan yang terbaik dalam setiap
kondisi. Sehingga, pemimpin memang harus pandai-pandai menyesuaikan gaya atau
tipe kepemimpinannya dengan situasi kondisi yang dihadapi.
Gaya atau tipe kepemimpinan yang situasional, sesuai kondisi yang
sedang berlangsung dan dihadapi itulah yang mampu mendorong semangat serta
kinerja guru dan karyawan. Pemimpin yang adaptif, luwes, dan tidak monoton
tentu akan melahirkan kebijakan dan keputusan yang baik, relevan, serta adil
bagi semua pihak. Dan pada saat yang sama, kinerja guru dan karyawan pun dapat
meningkat.
Maka
kemudian, tak dapat dipungkiri bahwa untuk meningkatkan kinerja guru senyatanya
dibutuhkan pola kepemimpinan kepala sekolah yang situasional, yang relevan
dengan kondisi dan situasi yang dihadapi. Bahkan dalam menghadapi beragam
karakter bawahan atau guru pun senyatanya dibutuhkan pola kepemimpinan yang
tidak monoton, yang tidak hanya menerapkan satu gaya kepemimpinan saja.
Menghadapi situasi yang berbeda, tentu dibutuhkan gaya/tipologi kepemimpinan
yang berbeda. Hal itu setidaknya membuktikan bahwa terdapat korelasi antara
gaya/tipologi kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru. Kepala sekolah
sebagai pemimpin, dapat meningkatkan kinerja guru dengan menyesuaikan
gaya/tipologi kepemimpinan yang diterapkan.
*****************
Bacaan Lanjutan :
E. Mulyasa.
2002. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi.
Bandung: Rosdakarya.
Faqih, Ainur Rohim. 2001. Kepemimpinan Islam.
Yogyakarta: UII Press.
Marno, Triyo Suppriyatno, 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
Islam, Bandung: Refika Aditma.
Purwanto, Ngalim. 2006, Administrasi dan Supervisi
Pendidikan, Bandung: Rosdakarya.
Qomar, Mujamil, 2008, Manajemen Pendidikan
Islam, Jakarta: Erlangga.TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tipologi Kepemimpinan Pendidikan dan Kinerja Guru (Sebuah Upaya Peningkatan Kinerja Guru melalui Gaya atau Tipologi Pemimpin)
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2019/01/tipologi-kepemimpinan-pendidikan-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
0 comments:
Post a Comment