selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



Tipologi Kepemimpinan Pendidikan dan Kinerja Guru (Sebuah Upaya Peningkatan Kinerja Guru melalui Gaya atau Tipologi Pemimpin)

Posted by Lautan Hati Oela Tuesday 29 January 2019 0 comments


 Image result for gambar pemimpin sekolah
Urgensi peran pemimpin dalam sebuah lembaga pendidikan memang tak dapat diragukan lagi. Keberhasilan pemimpin dalam membawa lembaga pendidikan menuju kemajuan dan perkembangan yang signifikan setidaknya dipengaruhi oleh gaya atau tipologi kepemimpinan.
Salah satu tugas penting pemimpin lembaga pendidikan atau dalam hal ini kepala sekolah adalah meningkatkan kinerja guru dan karyawan. Bagaimana tidak, kinerja guru dan karyawan tentu saja berimbas pada kemajuan dan keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan dan visi misi yang telah ditetapkan. Semakin baik dan tinggi kinerja guru dan karyawan, maka akan semakin baik pula kemajuan serta keberhasilan lembaga pendidikan tersebut.
Dengan demikian, upaya peningkatan kinerja guru demi tercapainya kemajuan dan keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan atau visi misinya merupakan salah satu tanggung jawab berat kepala sekolah.
Peningkatan kinerja guru salah satunya dipengaruhi oleh gaya atau tipe kepemimpinan. Pemimpin dengan gaya atau  tipe kepemimpinan yang cocok dan disukai para bawahannya (guru dan karyawan), tentu akan menambah semangat serta kinerja para guru. Hal ini sangat logis. Karena para guru dan karyawan yang merasa senang dan nyaman dengan gaya atau tipe kepemimpinan kepala sekolah, tentu secara otomatis akan memberikan loyalitasnya, akan meningkatkan kinerjanya, serta memberikan yang terbaik untuk lembaga pendidikan (sekolah atau madrasah).
Sebaliknya, guru dan karyawan yang kurang menyukai dan/atau tidak nyaman dengan gaya atau tipe kepemimpinan kepala sekolah, akan merasa berat hati menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, tidak terdorong untuk meningkatkan kinerja serta loyalitasnya terhadap lembaga sekolah.
Merujuk pada gaya atau tipe kepemiminan yang berlaku pada umumnya, maka sejatinya tidak ada gaya atau tipe kepemimpinan yang terbaik dalam setiap kondisi. Sehingga, pemimpin memang harus pandai-pandai menyesuaikan gaya atau tipe kepemimpinannya dengan situasi kondisi yang dihadapi.
Gaya atau tipe kepemimpinan yang situasional, sesuai kondisi yang sedang berlangsung dan dihadapi itulah yang mampu mendorong semangat serta kinerja guru dan karyawan. Pemimpin yang adaptif, luwes, dan tidak monoton tentu akan melahirkan kebijakan dan keputusan yang baik, relevan, serta adil bagi semua pihak. Dan pada saat yang sama, kinerja guru dan karyawan pun dapat meningkat.
Maka kemudian, tak dapat dipungkiri bahwa untuk meningkatkan kinerja guru senyatanya dibutuhkan pola kepemimpinan kepala sekolah yang situasional, yang relevan dengan kondisi dan situasi yang dihadapi. Bahkan dalam menghadapi beragam karakter bawahan atau guru pun senyatanya dibutuhkan pola kepemimpinan yang tidak monoton, yang tidak hanya menerapkan satu gaya kepemimpinan saja. Menghadapi situasi yang berbeda, tentu dibutuhkan gaya/tipologi kepemimpinan yang berbeda. Hal itu setidaknya membuktikan bahwa terdapat korelasi antara gaya/tipologi kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru. Kepala sekolah sebagai pemimpin, dapat meningkatkan kinerja guru dengan menyesuaikan gaya/tipologi kepemimpinan yang diterapkan.
***************** 
Bacaan Lanjutan :

E. Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya.
Faqih, Ainur Rohim. 2001. Kepemimpinan Islam. Yogyakarta: UII Press. 
Marno, Triyo Suppriyatno, 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: Refika Aditma.
Purwanto, Ngalim. 2006, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya. Qomar, Mujamil,  2008, Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tipologi Kepemimpinan Pendidikan dan Kinerja Guru (Sebuah Upaya Peningkatan Kinerja Guru melalui Gaya atau Tipologi Pemimpin)
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2019/01/tipologi-kepemimpinan-pendidikan-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Lautan Hati Oela.