selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan

Posted by Lautan Hati Oela Friday 25 January 2019 0 comments


Image result for gambar kepemimpinan pendidikan
Seperti lazimnya dalam setiap organisasi, pada institusi pendidikan pun berlaku manajerial dan kepemimpinan. Sehingga dengan begitu, peran pemimpin dalam lembaga/instistusi pendidikan tak dapat dinegasikan.
Kepemimpinan pendidikan dapat didefinisikan dengan suatu kemampuan dan proses memengaruhi, mengkoordinir serta menggerakkan orang-orang yang berhubungan dengan proses pendidikan dan/atau pembelajaran, untuk dapat mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Dalam sebuah lembaga pendidikan, kepemimpinan pendidikan terletak di tangan kepala sekolah.
Terkait teori, gaya atau tipe kepemimpinan pendidikan sejatinya tidak berbeda dengan teori, gaya atau tipe kepemimpinan pada umumnya. Maka, tuntutan dan kapasitas yang harus dimiliki pemimpin dalam lembaga pendidikan tidak berbeda jauh dengan pemimpin dalam organisasi atau instansi lain pada umumnya. Hanya saja, pemimpin dalam lembaga pendidikan seyogianya lebih memahami secara mendalam tentang pendidikan. Sehingga dalam proses mencapai tujuan pendidikan dapat diorganisir dengan baik.
Sebagai pemimpin pendidikan, kepala sekolah merupakan salah satu komponen yang paling berperan dalam menentukan keberhasilan sebuah lembaga pendidikan. Sebagai pemimpin pendidikan yang profesional, kepala sekolah dituntut untuk selalu melakukan inovasi, harus semangat mencetuskan terobosan-terobosan baru demi menghasilkan perubahan dan perkembangan positif bagi lembaga pendidikan yang dipimpinnya.
Secara garis besar, kualitas dan kompetensi kepala sekolah dapat dinilai dari kinerjanya dalam mengaktualisasikan fungsi dan peran sebagai kepala sekolah, yang meliputi:
1.      Sebagai Pendidik (educator)
Pemimpin lembaga pendidikan dituntut mampu membimbing guru dalam melaksanakan tugas, memberikan alternatif pembelajaran yang efektif, membimbing kegiatan kesiswaan.
2.      Sebagai Manajer
Pemimpin lembaga pendidikan seyogianya mampu menyusun organisasi personal dengan uraian tugas sesuai dengan standar yang ada, mampu menggerakkan stafnya dan segala sumber daya yang ada, dan menyusun program secara sistematis.
3.      Sebagai Administrator
Pemimpin pendidikan harus mampu mengelola semua perangkat pembelajaran, mengelola administrasi kesiswaan , ketenagaan, keuangan, sarana dan prasarana, dan administrasi persuratan dengan ketentuan yang berlaku
4.      Sebagai Supervisor
Pemimpin pendidikan selayaknya mampu menyusun dan melaksanakan program supervisi pendidikan di lembaganya dengan baik. Kemudian memanfaatkan hasil supervisi untuk peningkatan kinerja guru dan karyawan, sehingga menambah pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan
5.      Sebagai Pemimpin
Pemimpin lembaga pendidikan harus memiliki kepribadian yang kuat, memahami semua personalnya yang memiliki kondisi yang berbeda, bahkan kondisi siswanya, serta memiliki upaya untuk peningkatan kesejahteraan guru dan karyawannya
6.      Sebagai Inovator
Pemimpin lembaga pendidikan seyogianya memiliki gagasan baru (proaktif) untuk inovasi dan perkembangan sekolah, memilih yang relevan untuk kebutuhan lembaganya, mengimplementasikan ide yang baru dengan baik, serta mengatur lingkungan kerja sehingga lebih kondusif. (Triyo Supriyatno, 2008 : 37-39)
Demikianlah pandangan para ahli tentang kepemimpinan pendidikan, tentang kualitas dan integritas minimal bagi pemimpin dalam lembaga pendidikan. Tidak hanya dalam lembaga pendidikan umum (sekolah), hal tersebut senyatanya juga berlaku dan dapat diterapkan dalam lembaga pendidikan Islam (madrasah). Bahwa seorang pemimpin dalam lembaga pendidikan Islam pun dituntut untuk selalu inovatif, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan zaman di era digital ini.
 **********   


Bacaan Lanjutan:
E. Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya.
Faqih, Ainur Rohim, 2001. Kepemimpinan Islam. Yogyakarta: UII Press

Marno, Triyo Suppriyatno, 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: Refika Aditma.
Purwanto, Ngalim. 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Qomar, Mujamil. 2008. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2019/01/kepemimpinan-dalam-lembaga-pendidikan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Lautan Hati Oela.