Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan
Friday 25 January 2019
0
comments
Seperti lazimnya dalam setiap organisasi, pada institusi pendidikan
pun berlaku manajerial dan kepemimpinan. Sehingga dengan begitu, peran pemimpin
dalam lembaga/instistusi pendidikan tak dapat dinegasikan.
Kepemimpinan pendidikan dapat didefinisikan dengan suatu kemampuan
dan proses memengaruhi, mengkoordinir serta menggerakkan orang-orang yang
berhubungan dengan proses pendidikan dan/atau pembelajaran, untuk dapat
mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Dalam sebuah lembaga pendidikan,
kepemimpinan pendidikan terletak di tangan kepala sekolah.
Terkait teori, gaya atau tipe kepemimpinan pendidikan sejatinya
tidak berbeda dengan teori, gaya atau tipe kepemimpinan pada umumnya. Maka,
tuntutan dan kapasitas yang harus dimiliki pemimpin dalam lembaga pendidikan
tidak berbeda jauh dengan pemimpin dalam organisasi atau instansi lain pada
umumnya. Hanya saja, pemimpin dalam lembaga pendidikan seyogianya lebih memahami
secara mendalam tentang pendidikan. Sehingga dalam proses mencapai tujuan
pendidikan dapat diorganisir dengan baik.
Sebagai pemimpin pendidikan, kepala sekolah merupakan salah satu
komponen yang paling berperan dalam menentukan keberhasilan sebuah lembaga
pendidikan. Sebagai pemimpin pendidikan yang profesional, kepala sekolah
dituntut untuk selalu melakukan inovasi, harus semangat mencetuskan
terobosan-terobosan baru demi menghasilkan perubahan dan perkembangan positif
bagi lembaga pendidikan yang dipimpinnya.
Secara garis besar, kualitas dan kompetensi kepala sekolah dapat
dinilai dari kinerjanya dalam mengaktualisasikan fungsi dan peran sebagai
kepala sekolah, yang meliputi:
1.
Sebagai Pendidik (educator)
Pemimpin lembaga pendidikan dituntut mampu membimbing
guru dalam melaksanakan tugas, memberikan alternatif pembelajaran yang efektif,
membimbing kegiatan kesiswaan.
2.
Sebagai Manajer
Pemimpin lembaga pendidikan seyogianya mampu
menyusun organisasi personal dengan uraian tugas sesuai dengan standar yang
ada, mampu menggerakkan stafnya dan segala sumber daya yang ada, dan menyusun
program secara sistematis.
3.
Sebagai Administrator
Pemimpin pendidikan harus mampu mengelola semua
perangkat pembelajaran, mengelola administrasi kesiswaan , ketenagaan,
keuangan, sarana dan prasarana, dan administrasi persuratan dengan ketentuan
yang berlaku
4.
Sebagai Supervisor
Pemimpin pendidikan selayaknya mampu menyusun dan
melaksanakan program supervisi pendidikan di lembaganya dengan baik. Kemudian memanfaatkan
hasil supervisi untuk peningkatan kinerja guru dan karyawan, sehingga menambah pengembangan
dan peningkatan mutu pendidikan
5.
Sebagai Pemimpin
Pemimpin lembaga pendidikan harus memiliki
kepribadian yang kuat, memahami semua personalnya yang memiliki kondisi yang
berbeda, bahkan kondisi siswanya, serta memiliki upaya untuk peningkatan
kesejahteraan guru dan karyawannya
6.
Sebagai Inovator
Pemimpin lembaga pendidikan seyogianya memiliki
gagasan baru (proaktif) untuk inovasi dan perkembangan sekolah, memilih yang
relevan untuk kebutuhan lembaganya, mengimplementasikan ide yang baru dengan
baik, serta mengatur lingkungan kerja sehingga
lebih kondusif. (Triyo Supriyatno, 2008 : 37-39)
Demikianlah
pandangan para ahli tentang kepemimpinan pendidikan, tentang kualitas dan
integritas minimal bagi pemimpin dalam lembaga pendidikan. Tidak hanya dalam
lembaga pendidikan umum (sekolah), hal tersebut senyatanya juga berlaku dan
dapat diterapkan dalam lembaga pendidikan Islam (madrasah). Bahwa seorang
pemimpin dalam lembaga pendidikan Islam pun dituntut untuk selalu inovatif,
kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan zaman di era digital ini.
**********
Bacaan Lanjutan:
E. Mulyasa.
2002. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi.
Bandung: Rosdakarya.
Faqih, Ainur Rohim, 2001. Kepemimpinan Islam. Yogyakarta: UII Press
Marno, Triyo Suppriyatno, 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
Islam, Bandung: Refika Aditma.
Purwanto, Ngalim. 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Qomar, Mujamil. 2008. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2019/01/kepemimpinan-dalam-lembaga-pendidikan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
0 comments:
Post a Comment