selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



Perempuan [Muslimah] Ideal

Posted by Lautan Hati Oela Friday 26 January 2018 0 comments

Muslimah-Cantik-Kartun

Perempuan merupakan makhluk indah yang diistemewakan Islam. Betapapun, Islam sangat menghormati dan memberi keistimewaan tersendiri terhadap perempuan. Hal itu terbukti dari sekian banyaknya ayat-ayat Al Qur’an yang membahas dan membicarakan tentang perempuan. Bahkan, ada satu surah dalam Al Qur’an yang namanya berarti “perempuan”, sebut saja surah An Nisa’.

Surah An Nisa’ yang berarti perempuan itu benar-benar membahas tentang perempuan dan berbagai aspek dalam kehidupannya. Mulai dari penciptaan perempuan, kedudukan dan peran perempuan, bagaimana perempuan dan keluarga, perempuan membina keluarga, sampai tentang ahli waris pun dibahas dalam surah An Nisa’. Dengan pembahasan yang rinci dan rigid tentang perempuan itu setidaknya telah membuktikan bahwa Allah benar-benar mengistimewakan perempuan.

Sejatinya, Islam sendiri telah memberikan gambaran ideal tentang perempuan muslimah. Bahwa selain menjaga aurat dan pandangan, indikasi perempuan muslimah juga dapat dilihat dari segi karakter. Al Qur’an sendiri telah menggambarkan perempuan muslimah ideal itu dengan simbol kemandirian politik, kemandirian ekonomi, kemandirian menentukan pilihan pribadi yang diyakini kebenarannya, bahkan kemandirian untuk menentukan serta mengemukakan pandangan.

Dalam QS Al Mumtahanah:12, Al Qur’an memberi gambaran perempuan muslim ideal dengan simbol kemandirian politik, seperti Ratu Balqis yang mampu memimpin kerajaan yang super power.

Dalam ayat ke 12 surah Al Mumtahanah tersebut setidaknya Allah menyuruh Nabi Muhammad SAW untuk menerima perjanjian yang dibuat oleh perempuan beriman. Dengan kata lain, Allah memberi kesempatan untuk perempuan beriman mengadakan kegiatan-kegiatan diluar ranah domestik yang membutuhkan perjanjian atau semacam negosiasi.

Selain kemandirian politik, Al qur’an juga memberi simbol kemandirian ekonomi pada label perempuan muslim. Hal itu tertuang dalam QS An Nahl : 97, dimana semua manusia baik laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk berusaha memperbaiki dan meningkatkan kehidupannya menuju lebih baik, termasuk dalam aspek ekonomi.

Dengan berbagai ayat Al Qur’an yang menjelaskan tentang perempuan dan berbagai aspek dalam kehidupannya itulah dapat diketahui bagaimana gambaran seorang perempuan muslim berdasarkan Al Qur’an. Dengan menjadikan Al Qur’an dan Hadits sebagai landasan hidup, maka seorang perempuan sudah dapat mencapai label perempuan muslim ideal. Maka, setiap apapun yang terjadi dalam setiap langkah hidup seorang perempuan muslimah, sudah seyogianya Al Qur’an dan Hadits menjadi rujukan dan sandarannya.

Dalam hal kemandirian menentukan pilihan pribadi bagi perempuan, disebutkan dalam QS At Tahrim : 11-12. Dalam ayat 11 surah At Tahrim disebutkan bahwa perempuan muslimah itu berkesempatan menentukan pilihannya sekalipun harus berhadapan dengan suami, seperti istri Fir’aun yang dicontohkan dalam ayat 11 surah At Tahrim. Istri Fir’aun memilih untuk beriman pada Allah, padahal hal itu bertentangan dengan keyakinan dan keputusan suaminya. Dengan begitu, Al Qur’an setidaknya sudah mencontohkan bahwa perempuan beriman memiliki kemandirian untuk menentukan pilihan pribadi (termasuk masalah keyakinan) yang diyakini kebenarannya, kendati bertentangan dengan suaminya. Dan, jika pilihan perempuan itu benar di sisi Allah maka ia pun berhak mendapat balasan kebaikan dari Allah SWT. Wallahu a’lam…

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Perempuan [Muslimah] Ideal
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2018/01/perempuan-muslimah-ideal_26.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Lautan Hati Oela.