selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



HIKMAH MENJAUHI PERGAULAN BEBAS

Posted by Lautan Hati Oela Monday 17 April 2017 0 comments


HIKMAH  MENJAUHI PERGAULAN BEBAS
 


                Nama: 
                    Sofiatul Hasanah

City Rezelda
Farah Hidayah
Imanul Umar
Irfan Hamzah


      Pergaulan adalah proses interaksi antara individu dengan individu atau individu dengan kelompok. Sedangkan bebas adalah terlepas dari kewajiban, aturan, tuntutan, norma agama dan norma kesusilaan.Pergaulan bebas sangat dilarang oleh agama Islam.Dan dalam hal ini kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk menjauhi  pergaulan bebas.
      Pergaulan bebas termasuk perkara atau kegiatan yang diharamkan/dilarang dalam Islam,apalagi apabila pergaulan bebas dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang tidak dalam ikatan suami istri (ikatan yang tidak dibenarkan dalam syariat Islam).Perbuatan ini juga merupakan biang segala keburukan dan kerusakan yang terjadi di masyarakat.
Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam telah mengingatkan kepada kita umat muslim bahwa betapa besarnya kerusakan dan fitnah yang ditimbulkan oleh perempuan terhadap laki-laki yang melakukan pergaulan bebas.Dalam sabda Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam dijelaskan bahwa : “Aku tidak meninggalkan setelahku fitnah (keburukan/kerusakan) yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki melebihi (fitnah) kaum perempuan [HR. Bukhari (no. 4808) dan Muslim (no. 2740)].” Imam Ibnul Qayyim menjelaskan dalam Al-quran,bahwa : “Tidak diragukan lagi bahwa membiarkan kaum perempuan bergaul bebas dengan kaum laki-laki adalah biang segala bencana dan kerusakan, bahkan pergaulan bebas termasuk penyebab (utama) terjadinya berbagai malapetaka yang merata”.Perbuatan zina sangat dilarang dalam Islam karena perbuatan zina banyak menyebabkan kerugian,salah satunya kemungkinan terkenanya penyakit yang bisa disebabkan oleh perbuatan zina yang berkepanjangan serta dapat menyebabkan kematian (seperti penyakit AIDS dan penyakit kelamin berbahaya lainnya).
   Pergaulan bebas juga termasuk penyebab (timbulnya) kerusakan dalam semua perkara yang umum maupun khusus. Pergaulan bebas merupakan sebab berkembang pesatnya perbuatan keji dan zina. Hal ini juga dapat menyebabkan kebinasaan massal (umat manusia).
Di dalam suatu negeri akan timbul bencana yang amat besar apabila pihak berwenang yang memerintah negeri tersebut memberikan kebebasan bagi kaum wanita untuk bergaul bebas dengan kaum laki-laki. Seandainya para pihak yang berwenang mengetahui kerusakan besar apa yang menyangkut masyarakat,agama,serta dunia, pastinya pihak berwenang yang memerintah negeri tersebut akan melarang secara keras kegiatan tidak baik tersebut.
Sahabat yang mulia,Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu berkata, “Jika perbuatan zina telah nampak (tersebar) di suatu negeri maka Allah akan membinasakan negeri tersebut [Kitab Ath-Thuruqul Hukmiyyah, (hal. 407-408)].” Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah lebih menegaskan hal tersebut dalam ucapan beliau,yaitu : “Dalil-dalil (dari Al-Qur’an dan hadits Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam) secara tegas menunjukkan haramnya laki-laki yang berduaan dengan perempuan yang tidak halal baginya, (demikian pula diharamkan) memandangnya, dan semua sarana yang menjerumuskan (manusia) ke dalam perkara yang dilarang oleh Allah. Dalil-dalil tersebut sangat banyak dan kuat,serta isinya yang menegaskan keharaman pergaulan bebas, karena membawa kepada perkara (kerusakan) yang sangat buruk jika dilakukan.Maka,seruan propaganda (yang menyerukan agar) perempuan ikut terjun di tempat-tempat kerja yang khusus bagi laki-laki adalah ajakan yang sangat berbahaya bagi (kebaikan) masyarakat Islam, yang termasuk dampak (negatif) terbesarnya adalah pergaulan bebas yang termasuk sarana terbesar (yang menjerumuskan kepada) perbuatan zina, yang ini (pada gilirannya) akan menghancurkan masyarakat dan merusak nilai-nilai luhur serta budi pekerti baik mereka [Majallatul buhuutsil islaamiyyah (7/343)].”

      Hikmah menjauhi pergaulan bebas yang pertama adalah  lebih mendekatkan diri pada ALLAH SWT karena sesuatu yang buruk jika dihindari maka akan mengarah pada sifat kebaikan.Kedua,dengan menghindari pergaulan bebas kita dapat terhindar dari penyakit  berbahaya yang dapat disebabkan oleh perbuatan zina.Ketiga, kita dapat terhindar dari dosa besar,karena berdasarkan yang telah dijelaskan dalam beberapa ayat yang tertulis di Al-quran pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya itu sifatnya haram.Keempat, dengan menjauhi pergaulan bebas kita dapat terhindar dari perbuatan zina,karena kita telah mengantisipasi perbuatan tersebut dengan cara menjauhi pergaulan bebas dan berbagai kegiatan yang dapat menjerumuskan kita ke dalam perbuatan yang tidak baik tersebut.Selain keempat hikmah tersebut,kita juga dapat terhindar dari segala fitnah yang mungkin akan timbul akibat pergaulan bebas.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: HIKMAH MENJAUHI PERGAULAN BEBAS
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2017/04/hikmah-menjauhi-pergaulan-bebas.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Lautan Hati Oela.