welcome to my life

selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



Rabu, 16 Mei 2012

Meningkatkan Mutu Lembaga dengan Manajemen Pendidikan Islam

 

Di dalam perjalanan hidupnya, bangsa Indonesia telah begitu banyak melakukan berbagai upaya demi keberhasilan bidang pendidikannya, termasuk dalam hal mutu. Peningkatan mutu pendidikan secara merata adalah persoalan mutlak bagi eksistensi sebuah bangsa dengan tanpa membedakan identitas kultural masyarakatnya. Oleh sebab itulah, sudah menjadi hal yang wajar apabila bangsa ini senantiasa mengupayakan peningkatan mutu pendidikan karena hal tersebut memang suatu kebutuhan dan keharusan demi mencapai cita-cita bangsa dan meraih tujuan pendidikan nasional.

Salah satu hal penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan adalah lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan adalah pelaksana pendidikan terdepan sekaligus juga merupakan salah satu tolok ukur akan keberhasilan pendidikan sebuah bangsa, di samping pula output pendidikan dan hal-hal yang lainnya. Berangkat dari urgensi keberadaan lembaga pendidikan bagi keberhasilan pendidikan bangsa ini, maka sudah seharusnya pemerintah memberikan perhatian yang maksimal kepada seluruh lembaga pendidikan yang ada, tanpa membedakan latar belakang dan status mereka. Sudah merupakan kebutuhan dan keharusan bahwasanya lembaga pendidikan harus senantiasa ditingkatkan mutunya.

Meningkatkan mutu lembaga pendidikan demi tercapainya tujuan dan keberhasilan pendidikan nasional memang bukan hal yang mudah. Upaya ini harus benar-benar mendapatkan dukungan sepenuhnya dari berbagai pihak, agar dalam proses pelaksanaannya tidak tersendat-sendat dan keberhasilan dapat dicapai dengan mudah. Berbagai partisipasi dari seluruh elemen terkait pun sangat diperlukan, dalam hal ini ialah pemerintah, warga sekolah, orang tua siswa, tokoh agama dan seluruh tokoh masyarakat lah yang harus berperan aktif dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan melalui kerja sama yang solid. Partisipasi mereka sangat dibutuhkan dan menentukan, serta mendukung upaya peningkatan mutu lembaga pendidikan di negara ini.

Peran aktif dan partisipasi mereka di antaranya adalah proses penentuan, penataan dan pengaplikasian manajemen yang dipakai dalam sebuah lembaga pendidikan. Demi meningkatkan mutu lembaga pendidikan, hal yang tidak boleh diabaikan adalah manajemen yang digunakan. Dan di sini lah peran-peran stake holders serta share holders sangat menentukan. Dalam sebuah lembaga pendidikan, manajemen memiliki tempat yang penting. Usaha untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang representatif bagi masyarakat salah satunya didukung oleh manajemen lembaga pendidikan. Manajemen lembaga pendidikan yang sederhana tidak akan dapat mendukung upaya peningkatan mutu lembaga pendidikan. Dewasa ini, bukan rahasia lagi bila banyak sekolah miskin yang menerapkan manajemen ‘asal jalan’, kegiatan pendidikan tidak direncanakan dengan baik, bahkan terkadang sekolah dikelola oleh keluarga-keluarga dengan kepemimpinan yang otoriter. Dari sinilah dirasa perlu untuk melihat dan mengkaji kembali manajemen pendidikan Islam untuk kemudian dapat mengaplikasikannya sejalan dengan manajemen pendidikan nasional.

Manajemen Pendidikan Islam sejatinya sangat membantu upaya peningkatan mutu lembaga pendidikan. Tidak hanya bagi lembaga pendidikan Islam saja, akan tetapi lebih dari itu, selain  lembaga pendidikan Islam pun juga dapat mengkaji dan mengaplikasikan manajemen pendidikan Islam. Bukan hanya madrasah yang berhak mengaplikasikan manajemen pendidikan Islam, tetapi sekolah-sekolah umum pun dapat mengaplikasikannya demi meningkatkan mutu sekolah itu sendiri. Manajemen pendidikan Islam yang diaplikasikan dalam operasional suatu lembaga pendidikan (sekolah) dan dijadikan sebagai suatu pelengkap dari implementasi manajemen pendidikan nasional sudah pasti akan mendukung tercapainya peningkatan mutu lembaga pendidikan. Karena memang sebagai pelengkap dan penyempurna, maka apabila manajemen pendidikan Islam diaplikasikan sejalan dengan manajemen pendidikan nasional niscaya peningkatan mutu lembaga pendidikan pun dapat segera terealisasikan. Dibutuhkannya usaha mengaplikasikan manajemen pendidikan Islam dalam sebuah lembaga pendidikan (sekolah) sebagai upaya peningkatan mutu lembaga pendidikan bukanlah tanpa alasan. Justru karena manajemen pendidikan Islam sebagai pelengkap dan penyempurna bagi manajemen pendidikan nasional itulah sejatinya diperlukan penerapan manajemen pendidikan Islam seiring dengan manajemen pendidikan nasional.

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya terdapat beberapa hal yang tidak dimiliki oleh manajemen pendidikan nasional yang justru terdapat di dalam manajemen pendidikan Islam –salah satu contoh misalnya dalam prinsip yang dipakai. Manajemen pendidikan Islam mempunyai prinsip-prinsip yang diantaranya adalah ikhlas, kejujuran, amanah dan sebagainya yang tidak dimiliki oleh manajemen pendidikan nasional. Oleh karena itu, adalah wajar apabila manajemen pendidikan Islam dikatakan sebagai pelengkap dan penyempurna implementasi manajemen pendidikan nasional.

Sejalan dengan upaya aplikasi manajemen pendidikan nasional, manajemen pendidikan Islam pun patut dilirik dan dikaji kembali untuk kemudian dapat diaplikasikan bersama manajemen pendidikan nasional sebagai penyempurna dan pelengkapnya. Karena pada dasarnya memang manajemen pendidikan Islam dan manajemen pendidikan nasional merupakan suatu sinergi yang saling melengkapi antara keduanya.

Dengan menerapkan manajemen pendidikan Islam dalam sebuah lembaga pendidikan, maka sudah barang tentu dapat menjadi suatu upaya pencapaian peningkatan mutu lembaga pendidikan. Suatu lembaga pendidikan yang menerapkan manajemen pendidikan Islam untuk menyempurnakan implementsi manajemen pendidikan nasional, maka tidak diragukan lagi ketercapaian suksesi upaya peningkatan mutu lembaga pendidikan. Untuk itulah, sudah saatnya manajemen pendidikan Islam kembali dikaji, ditata dan didesain untuk kemudian diaplikasikan sejalan dengan manajemen pendidikan nasional dan sebagai penyempurnanya. Dengan demikian, tidaklah salah apabila upaya meningkatkan mutu lembaga pendidikan dengan mencoba mengaplikasikan manajemen pendidikan Islam secara optimal dan maksimal. Karena antara manajemen pendidikan Islam dan manajemen pendidikan nasional merupakan suatu sinergi yang saling melengkapi. Manajemen pendidikan Islam memiliki landasan, pedoman dan prinsip-prinsip yang kuat dan peka zaman, yang tidak dimiliki oleh manajemen pendidikan nasional. Sedangkan manajemen pendidikan nasional mempunyai konsep-konsep yang bermutu yang belum dimiliki manajemen pendidikan Islam. Oleh sebab itulah bila keduanya diterapkan secara sinergis dan optimal, maka mutu lembaga pendidikan pun dapat meningkat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar