selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



Manfaat dan Kebaikan Berbagi itu Tidak Sekedar Materi

Posted by Lautan Hati Oela Tuesday 28 April 2020 0 comments

Sungguh, kebaikan itu akan berdampak kebaikan. Hal ini sudah jelas tertulis dalam surah Ar Rohman ayat 60; yang jika diterjemahkan adalah: “Tidak ada balasan bagi kebaikan, selain kebaikan.” 

Nah, jika Tuhan sudah menyebutkan seperti itu, maka tidak ada lagi yang perlu diragukan tentang kebaikan. Dan, menebar kebaikan tentunya akan menjadi sesuatu yang mengandung adiktif. Bagaimana tidak, jika satu kebaikan saja akan mendatangkan kebaikan, maka bukan tidak mungkin jika manusia tertarik untuk melakukan kebaikan yang lebih banyak lagi. Itulah mengapa, kebaikan bisa menjadi adiktif bagi manusia yang benar-benar mengetahui. Berbuat kebaikan sekecil apapun untuk orang lain, akan membuat kita merasa lebih baik. 

Ada banyak hal kebaikan yang bisa diwujudkan, yang tentu saja bisa mendatangkan kebaikan serta kebahagiaan. Salah satu diantaranya adalah dengan berbagi; Bisa berbagi makanan, berbagi harta atau zakat, berbagi ilmu, atau minimal… berbagi senyum, berbagi kebahagiaan. 😊 


Dalam berbagi, tidak akan ada kerugian. Justru, keuntungan dan kebahagiaan lah yang akan didapat setelah berbagi. Sungguh, hal ini sudah Saya rasakan sendiri. Anda juga pernah merasakannya bukan? Atau Anda masih tidak percaya, Anda masih bertanya-tanya; benarkah berbagi tidak akan rugi… benarkah berbagi bisa membuat kita bahagia? Jika Anda masih tidak percaya, silakan langsung buktikan. Lakukan kebaikan, berbagi sedikit saja yang bisa dan memungkinkan untuk Anda. Lalu perhatikan apa yang Anda rasakan. 

Berbagi tidak akan rugi, berbagi mendatangkan kebahagiaan. Hal ini sudah Saya buktikan berdasarkan pengalaman. Beberapa waktu Saya bergabung dengan sebuah komunitas yang menamakan diri Gerakan Peduli Sosial Probolinggo, karena kebetulan kami tinggal di Probolinggo, Jawa Timur. Dalam komunitas ini, kami melakukan kegiatan berbagi. Awalnya hanya berbagi pakaian bekas layak pakai kepada warga masyarakat yang membutuhkan, dan berbagi nasi kepada para tukang becak, orang-orang yang meminta-minta keliling di jalanan. 

Lambat laun kegiatan berbagi nasi dan berbagi pakaian layak pakai itu pun ditingkatkan lagi. Komunitas Gerakan Peduli Sosial Probolinggo tidak hanya berbagi nasi dan pakaian layak pakai. Lebih dari itu, Gerakan Peduli Sosial Probolinggo mengadakan kegiatan berbagi dalam skala yang lebih besar. Kami turun ke beberapa panti asuhan dan Sekolah Dasar di pelosok desa. Di sana kami mengadakan kegiatan berbagi ilmu, berbagi semangat, berbagi pengalaman. Kami langsung menyapa adik adik penghuni panti asuhan, mengajak mereka belajar, memberi mereka semangat, memberi mereka cerita dan pengalaman kami semua. Karena kebetulan Gerakan Peduli Sosial Probolinggo beranggotakan orang-orang dari berbagai kalangan, ada pekerja, karyawaan, wiraswasta, dan mahasiswa.

Ragam kegiatan berbagi Gerakan Peduli Sosial Probolinggo

Kami berkunjung ke panti asuhan dengan membawa bahan makanan pokok, pakaian layak pakai, alat-alat tulis, dan berbagai materi ilmu. Kami membagi tugas; yang berprofesi sebagai guru membagikan materi dan ilmu nya kepada adik adik panti asuhan. Begitupun profesi di luar guru, berkesempatan sharing pengalaman dan menyajikan berbagai support serta mengadakan beraneka game bersama, yang pada intinya bertujuan untuk mengajak adik adik penghuni panti asuhan bersenang-senang, bermain sembari belajar bersama. Kami berusaha melecut semangat mereka agar bisa terus belajar dan menggapai cita-cita, sehingga kelak bisa menjadi manusia yang sukses dunia akherat. 

Lumayan melelahkan memang, mengadakan kegiatan sosial yang sama sekali non profit. Mulai dari merancang acaranya, membagi tugas, menentukan hari dan waktu pelaksanaan, menghubungi panti asuhan, menyiapkan bahan-bahan materi dan donasi. Semua itu kami lakukan murni dari dana dan tenaga kami sendiri, para anggota komunitas Gerakan Peduli Sosial Probolinggo. Karena memang dari awal sudah ada kesepakatan bahwa anggota komunitas juga memang sekaligus siap menjadi donaturnya. Cukup melelahkan, menyita waktu, tenaga, dana, dan pikiran untuk kami mengadakan kegiatan berbagi seperti itu.

Namun, apa yang kami dapat setelahnya? Hal yang lebih dari sekedar materi. Kami bisa melihat adik-adik penghuni panti asuhan tersenyum lepas, berbahagia belajar dan bermain bersama kami. Melihat dan menikmati senyuman serta kebahagiaan mereka itu membuat hati kami terasa semakin damai dan semakin bersyukur. Kami benar benar bisa lebih bersyukur pada Tuhan, bahwa kami terlahir dengan begitu beruntung, bahwa masih banyak manusia yang jauh lebih kekurangan dibanding kami. 

Dari situ lah kemudian kami semakin menyadari, betapa pentingnya berbagi. Tidak hanya mampu membuat diri sendiri menjadi merasa lebih baik, berbagi senyatanya juga mampu menggugah kesadaran kami untuk lebih mensyukuri keadaan kami, lebih bahagia menjadi makhluk Tuhan yang bisa bermanfaat bagi sesamanya. Bukankah sebaik baik manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi manusia lainnya?


Kebaikan Berbagi mendatangkan Bahagia


Dari kegiatan berbagi itu pun kami jadi merasa bahagia. Betapa perasaan bahagia itu benar-benar kami rasakan di hati setelah kegiatan kegiatan berbagi. Hal itu kemudian yang membuat kami sepakat menyatakan bahwa “kebahagiaan itu diraih dengan membahagiakan orang lain.” Perasaan bahagia, bersyukur, lega dan lebih damai itu muncul dalam hati saat kita ikhlas berbagi. Jika Anda masih tidak percaya, silakan dicoba… Berbagilah, maka kau akan bahagia…! Berbuat baiklah, maka kau akan menuai kebahagiaan! 

Berbagi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan zakat dan shodaqoh. Untuk lebih mempermudah berbagi, berzakat dan/atau shodaqoh bisa melalui dompet dhuafa, yang menerima dan menyalurkan zakat shodaqoh, sudah bisa melalui transaksi perbankan maupun online payment. Bahkan juga bisa diakses dengan mudah melalui mobile banking maupun internet banking. Hal ini benar-benar mempermudah kita semua untuk menunaikan zakat tanpa harus merasa susah mencari mustahiq. Bagi kaum muslim yang super sibuk, menunaikan zakat melalui dompet dhuafa menggunakan mobile banking sangat efektif, dan praktis.

Jadi tunggu apa lagi, mari segerakan menebar kebaikan, berbagi kebaikan, lalu rasakan balasan yang didapat, betapa kebahagiaan yang tak terkira akan senantiasa menyertai. Maka manfaat dan kebaikan berbagi itu sejatinya lebih dari sekedar materi. 😊



  “Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat dan Kebaikan Berbagi itu Tidak Sekedar Materi
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2020/04/kebaikan-berbagi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Lautan Hati Oela.