selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



Makhluk Indah itu Bernama Perempuan

Posted by Lautan Hati Oela Thursday 6 April 2017 0 comments
Image result for gambar karikatur perempuan muslimah

Tidak ada satu pun makhluk di bumi ini yang tercipta dengan sia-sia. Setiap yang diciptakan Allah pasti berjalan selaras dengan fungsinya. Hal ini telah nyata tertulis dalam fimanNya, pada QS Ali Imron: 191. Tak satupun makhluk yang hidup dengan kesia-siaan, termasuk makhluk Allah yang bernama “perempuan”.
Melalui surah Ali Imron ayat 191, Allah SWT setidaknya menjelaskan bahwa, orang-orang yang selalu mengingat Allah dalam keadaan apapun, dan merenungkan segala kejadian penciptaan langit dan bumi, maka mereka pasti akan berkata; tidaklah Tuhan kami menciptakan semua itu dengan sia-sia.
لَّذِينَ يَذْكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَٰطِلًا سُبْحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ
  
Artinya: (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.
Maka sudah jelas terbukti, bahwa Allah tidak akan melakukan sesuatu hal yang sia-sia. Pun Allah tidak akan menciptakan suatu makhluk dengan percuma. Termasuk juga makhluk yang bernama “perempuan”, yang penciptaannya tidak akan sia-sia, dan pasti ada tujuan serta manfaatnya.
Perempuan diciptakan Allah sedemikian rupa. Senyatanya, perempuan menjadi makhluk yang cukup banyak mendapat perhatian. Bahkan, tak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan masyarakat, perempuan pun memiliki posisi tersendiri.
Ada beberapa faktor yang cukup berpengaruh terhadap posisi perempuan dalam kehidupan. Dan pada kenyataannya, sejarah serta peradaban memainkan peran yang cukup besar dalam menentukan posisi perempuan dalam kehidupan masyarakat.
Perempuan dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, senyatanya ikut berperan dalam berbagai ranah kehidupan. Bisa dibayangkan, bagaimana kehidupan dan dunia ini tanpa adanya kehadiran perempuan. Maka, sudah sunatullah, bahwa perempuan mengisi kehidupan di dunia ini dengan tanpa kesia-siaan.
Seperti halnya makhluk Allah lainnya, makhluk indah bernama perempuan ini pun senyatanya memiliki ragam kelebihan. Meski juga tak dapat dipungkiri adanya kekurangan. Karena biar bagaimanapun, kesempurnaan bukanlah milik makhluk, namun hanya milik sang Kholiq; Allah SWT.
Dengan keberadaan perempuan yang benar-benar tercipta dengan segala keunikannya, maka masih pantaskah kita menegasikan peran perempuan dalam kehidupan? Masih layakkah perempuan disebut sebagai makhluk yang tak berguna? Bahkan sebagai perempuan sendiri, masih tidak risihkah kita menyebut diri sebagai makhluk yang serba kekurangan dan tak mampu berbuat apa-apa?
Dengan beragamnya jenis makhluk ciptaan Allah, perempuan menjadi salah satu ciptaan yang indah. Betapa tidak, adanya perempuan senyatanya cukup menarik perhatian. Kalau bukan karena keindahannya, tak mungkin Allah akan mencipta perempuan dengan daya tarik yang menyertainya. Yang menjadi penting untuk diperhatikan kemudian adalah, bagaimana perempuan itu menjaga keindahan dan daya tariknya. Sehingga mampu menggunakannya untuk kebaikan dan kemanfaatan. Seperti tujuan awal penciptaan keindahan dan daya tarik pada perempuan itu sendiri.
Jika perempuan mampu menjaga dan menggunakan keindahan penciptaannya itu untuk hal-hal kebaikan dan mengarah pada kemanfaatan, maka yang terpancar adalah kebaikan. Dan kemanfaatannya akan dirasa dalam dirinya.
Namun jika yang terjadi sebaliknya, bila keindahan penciptaan dan daya tarik yang melekat itu tidak digunakan dengan sebaik-baik kegunaan dan kemanfaatan, maka akibat yang ditimbulkan juga akan berdampak pada diri perempuan itu sendiri.
Maka tak dapat dipungkiri, makhluk indah bernama perempuan itu senyatanya memiliki kebebasan untuk bertindak terhadap keindahan penciptaannya. Selain juga memiliki konsekuensi sendiri atas segala tindakannya, terkait keindahan yang dimiliki dalam penciptaannya itu.
Kebebasan bertindak dan konsekuensi yang didapat inilah yang kemudian menuntut kehati-hatian perempuan. Betapapun, tindakan yang dilakukan akan menimbulkan dampak dan efek tersendiri. Jika bertindak baik, maka dampak dan efeknya baik. Begitu pula sebailkya. Maka sebenarnya pilihan ada ditangan kita. Sebagai perempuan, akan bertindak dan memanfaatkan keindahan penciptaan dengan baik, atau sebalikya. Karena semua itu akan kembali pada diri kita. Baik dampak positif atau negatif, efek yang baik atau buruknya. Semua bergantung pada yang perempuan lakukan. Semua bergantung pada apa yang kita perbuat, yang kita lakukan.
Sebagaimana telah dijelaskan dalam firmanNya, bahwa siapapun yang bertindak dan berbuat kebaikan akan mendapat balasan kebaikan. Sedangkan yang berbuat kejahatan akan mendapat balasan yang setimpal. Hal ini tergambar jelas dalam surah Al Mu’min ayat 40:
مَنْ عَمِلَ سَيِّئَةً فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا ۖ وَمَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَٰئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ يُرْزَقُونَ فِيهَا بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: “Barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, maka dia tidak akan dibalasi melainkan sebanding dengan kejahatan itu. Dan barangsiapa mengerjakan amal yang saleh baik laki-laki maupun perempuan sedang ia dalam keadaan beriman, maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rezki di dalamnya tanpa hisab”
Dengan bersandarkan pada Al Qur’an, senyatanya cukup bagi perempuan untuk menjadi panduan dalam mengarungi kehidupan. Karena sungguh, tak ada hal yang terlewatkan dalam Al Qur’an. Semua sudah komplit disajikan. Apalagi sekedar tentang pembahasan perempuan. Al Qur’an sudah tersedia, sebagai referensi yang peka zaman. Tinggal bagaimana para perempuan berupaya untuk mengkaji, mendalami, menganalisa, dan kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan. Jika melangkah dengan berdasarkan Al Qur’an, maka ketenangan akan selalu dirasakan. Bahkan dalam memanfaatkan dan menggunakan keindahan yang telah Allah ciptakan dalam diri perempuan, jika selalu bersandarkan pada Al Qur’an maka sudah pasti akan terjauhkan dari kesesatan.
Maka sebagai makhluk yang indah, perempuan mempunyai kebebasan sekaligus tanggung jawab dalam mendayagunakan keindahan yang dimiliki. Akankah makhluk indah itu bisa senantiasa menjadi indah di dunia bahkan sampai di hari akhir nanti? Atau makhluk indah itu tak mampu menjaga keindahannya di duni yang fana ini? Tak bisa memanfaatkan dengan baik dan untuk kebaikan, sebagaimana yang telah ditetapkan Tuhan. Semua bergantung dan kembali pada diri masing-masing, sebagai perempuan.
Pada dasarnya, jika mampu mensyukuri apa yang sudah Allah gariskan dan segala yang sudah Allah berikan, maka akan mampu mengoptimalkan segala potensi yang ada. Hal itu pun berlaku bagi perempuan. Sungguh, jika para perempuan mampu menerima segala karunia dan ketentuan yang sudah Allah berikan padanya, maka ia akan mampu mengoptimalkan segala karunia Allah tersebut.
Jika mengetahui segala karunia yang sudah Allah berikan, (khususnya pada perempuan) maka sungguh tak kan mampu perempuan menghitung, atau bahkan mengingkarinya. Tak akan ada satu perempuan pun yang sanggup menghitung setiap karunia dan nikmat yang sudah Allah berikan. Jadi, sudah bukan masanya menyesali diri, merendahkan diri, atau merasa tidak berharga sama sekali. Yang selayaknya terjadi adalah, optimalisasi dan pendayagunaan segala karunia Allah itu, untuk mencipta dan menebar keberkahan serta kemanfaatan bagi sesama makhluk di bumi Allah ini. Berdayalah, bergeraklah, bermanfaatlah makhluk indah Allah yang bernama ‘perempuan’.....!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Makhluk Indah itu Bernama Perempuan
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2017/04/makhluk-indah-itu-bernama-perempuan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Lautan Hati Oela.