selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



Mengembangkan Kreativitas, Kecerdasan, dan Ketangkasan di Sekolah Taruna Dra. Zulaeha

Posted by Lautan Hati Oela Monday 23 December 2013 0 comments

Sudah menjadi rahasia umum, setelah pelaksanaan ujian semester dan menunggu hasil rapor, maka akan ada masa efektif fakultatif di sekolah, tak terkecuali di Sekolah Taruna Dra Zulaeha.

Sekolah Terpadu yang terletak di Jl Raya Leces A3  Probolinggo ini pun juga memiliki masa efektif fakultatif, masa ketika semua materi dan bahan pembelajaran telah diterima siswa dan telah dievaluasikan, sehingga tinggal menunggu hasil rapor.

Namun yang harus kita ingat adalah, masa efektif fakultatif tersebut jangan sampai menjadikan peserta didik hanya ‘berdiam diri’, sekedar datang ke sekolah, absen, dan lantas pulang begitu saja. Hal ini seyogianya tidak terjadi, dalam lembaga pendidikan manapun. Banyak hal yang bisa dilakukan demi mengisi masa efektif fakultatif tersebut, sehingga memberi manfaat bagi para peserta didik.

Seperti halnya di Sekolah terpadu Taruna Dra Zulaeha, yang mengisi masa efektif fakultatif dengan beragam kegiatan yang bermanfaat, yang mampu mengasah ketangkasan, kecerdasan serta kreativitas peserta didik. Kegiatan yang dilakukan antara lain class meeting, aneka lomba antar kelas, bazar, jalan kompak, pentas seni dan beberapa kegiatan lain.

Sebetulnya ada beberapa kegiatan yang memang menjadi agenda tahunan bagi sekolah ini, karena bertepatan dengan peringatan HUT Sekolah Taruna. Di antara kegiatan yang rutin menjadi kegiatan saat peringatan HUT sekolah adalah jalan kompak, dan pentas seni.

Karena pelaksanaannya tidak selang jauh dari masa efektif fakultatif menjelang penerimaan rapor, maka peringatan HUT sekolah diisi dengan ragam kegiatan yang, pelaksanaannya setelah kegiatan class meeting per sekolah.

Sekolah terpadu Dra Zulaeha yang terdiri dari beberapa lembaga ini mengadakan beragam lomba antar lembaga. Tentu pelaksanaannya setelah kegiatan perlombaan masing-masing lembaga. Jadi, masing-masing lembaga terlebih dahulu mengadakan kegiatan internnya, baru kemudian mengikuti kegiatan perlombaan antar lembaga.

Diantara kegiatan per lembaga antara lain; dari lembaga TK mengadakan kegiatan lomba mewarna dan aneka lomba lainnya antar peserta didik. Sedangkan lembaga SD mengadakan beragam lomba antar kelas, mulai lomba ketangkasan dan olahraga, sampai lomba joget bersama, joget cesar (joget yang sedang trend baru-baru ini). Lembaga SMP pun mengadakan bermacam-macam perlombaan antar kelas dan individu, mulai dari perlombaan olahraga sampai lomba memasak. Demikian juga dengan lembaga SMA yang juga mengadakan beragam lomba antar kelas, dari perlombaan olahraga sampai kesenian. Semua peserta didik sangat antusias dan bersemangat tinggi dalam mengikuti aneka kegiatan dan perlombaan tersebut.

2013-12-16 08.21.12

Namun yang patut diacungi jempol adalah, semangat para peserta didik dalam kegiatan bazar,sebuah kegiatan pasar amal yang, hasil dari penjualannya akan diserahkan kepada BDSAM; lembaga pendanaan bagi siswa kurang mampu di sekolah Taruna.

Kegiatan bazar yang dilakukan oleh lembaga SD, SMP, dan SMA itu murni dikelola oleh peserta didik sendiri. Modal awal mereka peroleh dari hasil dana iuran-sumbangan seikhlasnya dari para peserta didik, dan kas kelas. Kemudian mereka belanjakan, mereka olah sehingga mereka mampu menyajikan ragam makanan dan minuman yang dijual di lingkungan sekolah. Dan, hasil dari penjualan itu nanti mereka sumbangkan pada lembaga pendanaan sekolah bagi anak kurang mampu di Sekolah Taruna.

2013-12-16 06.52.20

Bazar yang mereka kelola berlangsung selama dua hari. Melalui kegiatan bazar ini setidaknya telah melatih rasa kepekaan sosial peserta didik, selain juga mengasah kemampuan manajerial serta keorganisasian para peserta didik.

Nah, sangat bermanfaat bukan, kegiatan yang dilaksanakan  setelah ujian semester dan masa menunggu rapor….? Daripada hanya datang ke sekolah dan sekedar absen saja…!

2013-12-16 06.53.24

 

Kegiatan puncak saat ‘masa menunggu pembagian rapor’ adalah Gebyar Seni. Dalam kegiatan ini, masing-masing lembaga diberi kesempatan untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka dalam berkesenian. Mulai dari siswa-siswi TK, SD, SMP, SMA tampil dalam pentas seni ini. Ada yang menari, membaca puisi, menyanyi, drama, dan ragam pertunjukan lainnya.

2013-12-17 09.59.24

Dalam Gebyar Seni itu, semua peserta didik berkumpul jadi satu di lapangan, mulai dari siswa TK, SD, SMP, SMA untuk menyaksikan berbagai penampilan dari teman mereka.

Begitulah ragam kegiatan dalam Sekolah saat masa efektif fakultatif, yang sangat bermanfaat, dan tentunya tidak membuang-buang waktu kosong ketika semua materi pelajaran telah usai diajarkan dan dievaluasi. Ragam kegiatan yang mampu mengasah kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) peserta didik.

*******

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengembangkan Kreativitas, Kecerdasan, dan Ketangkasan di Sekolah Taruna Dra. Zulaeha
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2013/12/mengembangkan-kreativitas-kecerdasan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Lautan Hati Oela.