selamat berkunjung di lautan hati,
tempat berbagi, menyelami, memberi
...
just have fun.



Makna dasar Pendidikan dan Pembelajaran

Posted by Lautan Hati Oela Wednesday 12 June 2013 0 comments

images5

 

Secara umum, pendidikan dapat didefinisikan dengan usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik dengan tujuan untuk mendewasakan peserta didik. Namun demikian, ada beberapa pakar pendidikan dan psikologi yang telah memberikan batasan pengertian pendidikan dan pembelajaran.

 

Menurut John Dewey, pendidikan merupakan sebuah proses pembentukan pendapat-pendapat mendasar, bersifat intelektual dan emosional, tentang alam dan tentang sesama manusia.

Sedangkan Langeveld mengatakan bahwa, mendidik adalah memberi pertolongan secara sadar dan sengaja kepada seorang anak (yang belum dewasa) dalam pertumbuhannya menuju kedewasaan, dalam arti dapat berdiri sendiri dan bertanggung jawab susila atas segala tindakannya menurut pilihannya sendiri. Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat mendapat keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Sementara itu, Undang Undang RI Nomor 2 Tahun 1989 mendefinisikan pendidikan sebagai usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan/atau latihan bagi peranannya di masa akan datang.

Demikianlah beberapa pakar mendefinisikan pendidikan dengan beragam. Tak berbeda dengan pendidikan, pembelajaran –yang merupakan bagian dari pendidikan— juga memiliki definisi yang cukup beragam pula. Pembelajaran berasal dari kata dasar belajar. Banyak pakar pendidikan dan psikologi yang telah menguraikan makna belajar. Beberapa di antaranya adalah Drs. Slameto, yang mendefinisikan belajar sebagai suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Sedangkan Drs. Syaiful Bahri Djamaroh mengemukakan bahwa belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor.

Menurut Oemar Hamalik, pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi (pendidik, peserta didik dan tenaga lainnya), material (buku-buku, papan tulis, audio, slide-film atau perangkat lainnya), fasilitas (perlengkapan audio visual, ruang kelas, komputer) serta prosedur (jadwal penyampaian informasi, praktek belajar, ujian dan sebagainya) yang saling mempengaruhi, untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Pada dasarnya, pembelajaran merupakan bagian dari pendidikan. Kegiatan pendidikan tak luput dari kegiatan pembelajaran. Kendati kata pendidikan dan pembelajaran sering kali dikait dan disatukan, namun ada perbedaan mendasar antara kedua kata tersebut. Meskipun kedua kata itu sering digunakan secara bersamaan, namun terdapat perbedaan dalam makna keduanya.

*******

DAFTAR RUJUKAN:

Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Naomi, Omi Intan. 2002. Ideologi-Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pidarta , Made. 1997. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Makna dasar Pendidikan dan Pembelajaran
Ditulis oleh Lautan Hati Oela
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ulashoim.blogspot.com/2013/06/makna-dasar-pendidikan-dan-pembelajaran.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Lautan Hati Oela.